Minggu, 10 Februari 2013

Berkenalan Dengan AJAX

Ketika kita belajar PHP untuk membuat sebuah website kita juga harus mengenal yang namanya AJAX ( Asynchronous Javascript and XML ). Perlu diketahui bahawa Ajax bukanlah bahasa pemrogrman baru, melainkan gabungan dari teknologi yang sebelumnya seudah ada, yaitu : XHTML, CSS, XML, JSON, DOM dan Javascript.

Waduch...berarti kalau ingin menguasai Ajax harus paham lima teknologi tersebut sekaligus ? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, tuch kan bingung. Kalau secara teori, memang harus menguasai kelima teknologi tersebut untuk mempelajari Ajax. Tetapi dalam prakteknya nanti cukup dengan menguasai salah satu objek dalam Javascript, apalagi disederhanakan menggunakan jQuery, maka akan semakin mudah dalam menguasai Ajax. Intinya, Ajax merupaka suatu teknik pengambilan data sari server menggunakan sebuah fungsi Javascript, yaitu XMLHttpRequest(XHR).

Dengan Ajax akan membuat aplikasi website menjadi lebih interaktif dan responsif layaknya aplikasi desktop. Contoh sederhananya, misalkan membuat sebuah akun email setelah mengisi username saat registrasi, maka sistem langsung bisa memberitahukan bahwa username yang anda gunakan sudah digunakan orang lain atau belum. Inilah sebuah keunikan dari Ajax yang memproses dibelakang layar untuk mengecek hal tersebut.

Ajax sudah banyak digunakan oleh web modern seperti facebook, google map, gmail, twitter dan lain-lain. Dari sinilah alangkah baiknya dalam belajar PHP kita juga lebih mendalami teknik Ajax supaya website yang kita buat lebih menarik dan interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar